Home / INFORMASI TERBARU / BERITA / Putaran 3 Berakhir, Ada Banyak Hal Menarik Dalam Latsar

Putaran 3 Berakhir, Ada Banyak Hal Menarik Dalam Latsar

Kegiatan latsar CPNS yang baru pertama kali dilaksanakan pemerintah Kabupaten Bondowoso sudah berlangsung sejak Februari 2022. Informasi dari bagian pengembangan sumberdaya manusia Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) sampai hari ini kegiatan latsar sudah menyelesaikan tiga putaran dari rencana sampai tujuh putaran.

Usai acara pengakhiran kemarin, Kabid pengembangan SDM, M. Munir mengatakan bahwa kegiatan latsar berlangsung secara simultan sejak Februari dan akan berakhir di bulan Oktober 2022. “Sepanjang tahun ini kita fokus menyelesaikan latsar agar segera selesai dan awal tahun depan temen-temen CPNS sudah bisa diangkat menjadi PNS,” papar Munir.

Suasana haru, senang dan gembira berbaur dalam sesi pengakhiran latsar. Pasalnya siswa merasa lega sudah dinyatakan tuntas  melewati berbagai  tahapan yang sangat melelahkan. Pengakhiran kegiatan latsar putaran 3 berlangsung kemarin di Sabha Bina Praja I (13/07) setelah seluruh peserta menjalani evaluasi rancangan aktualisasi dengan presentasi dihadapan coach, mentor dan penguji.

Diberitakan sebelumnya bahwa untuk tahun ini BKPSDM disibukkan dengan penyelesaian latsar CPNS formasi 2019 sebanyak 284 orang dengan pola kemitraan bersama BPSDM Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu salah satu penyelenggara yang terlibat, Joso Bisono mengurai bahwa  latsar kali ini dilaksanakan dengan blended learning dan terdiri dari empat tahapan. Tahapan latsar yang harus dilalui antara lain MOOC (Massive Open Online Course), Distance Learning, Habituasi dan Klasikal dengan total waktu yang dilalui hampir tiga bulan.

Musta’in Ibad salah satu pihak yang paling setia mendampingi perserta mengungkap bahwa banyak hal menarik selama berlangsungnya latsar. Ditanya tahapan apa yang menarik, Ibad menjelaskan bahwa tahapan klasikal menjadi sesi paling menarik, dinamis sekaligus melelahkan.

“Peserta harus bersiap  pagi untuk senam dan mengakhiri kegiatan setelah pembelajaran dan apel malam usai,” tutur Ibad. Ibad menambahkan bahwa pada sesi klasikal peserta dapat bertatap muka langsung dengan widya iswara dari BPSDM setelah selama 22 hari hanya bisa tatap muka virtual. Selain itu pada sesi klasikal ada banyak keseruan. Interaksi antara penyelenggara, Instruktur dan antar siswa latsar berlangsung secara intens.

Pada sesi ini peserta menerima banyak pembelajaran menarik,dapat berkreasi, improvisasi serta menerima gemblengan secara fisik dan mental. “Disinilah menariknya, ada permainan, ada kelucuan dan ada hukuman yang pasti akan menjadi pengalaman berharga dari latsar,” papar Ibad.

Sementara itu tahapan latsar masih terus berlangsung, dan tahapan klasikal untuk putaran selanjutnya akan dimulai pada tanggal 28  Juli mendatang. (Humas-BKPSDM)

About yuli

Berita Kami Yang Lain

Latsar Putaran 5 : Jelas Capek……Tapi Sungguh  Penuh Kesan!!!

Setelah menempuh perjalanan panjang nan melelahkan, akhirnya peserta latsar putaran 5 angkatan 60 mengakhiri kegiatan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.