Breaking News
Home / INFORMASI TERBARU / BERITA / Pensiun Jangan Sampai Mengalami “Post Power Syindrom”

Pensiun Jangan Sampai Mengalami “Post Power Syindrom”

Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dr. Drs. Sugiono Eksantoso, MM, membuka Sosialisasi Ketaspenan, Pemberkasan Klim dan Enrollment di hotel Ijen View, Selasa (7 Februari 2023).

Acara diikuti oleh 106 PNS yang akan memasuki Batas Usia Pensiun bulan April s.d Mei 2023 juga dihadiri oleh PT. Taspen Jember dan Bank Mandiri Taspen selaku salah satu mitra bayar pensiunan.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala BKPSDM mengutip Nancy Scholssberg, seorang pensiunan professor psikologi konseling pada University of Maryland yang merekomendasikan para calon pensiunan untuk mempersiapkan mental dalam lima bidang kehidupan yaitu:

1. Memahami identitas diri

Meninggalkan dunia pekerjaan juga secara otomatis meninggalkan identitas diri yang dimiliki selama ini, misalnya jabatan pada suatu instansi pemerintah. Anda harus mulai meramu identitas baru misalnya pensiunan PNS. Meskipun sebagian besar orang menyebutkan dirinya sebagai pensiunan PNS atau pensiunan suatu perusahaan namun seiring berjalannya waktu mereka juga ingin memulai hidup baru dengan tidak menghubungkan identitas saat ini dengan karir yang dulu pernah dijalani. Dengan memahami identitas diri juga dapat menghindarkan diri dari post power syindrom yang biasa menjangkiti seseorang yang kehilangan jabatan atau kekuasaan.

2. Membangun hubungan dengan orang lain.

Pada era teknologi informasi seperti saat ini orang-orang akan sangat mudah terhubung baik secara personal maupun sebagai komunitas. Melalui hubungan ini dapat tercipta suatu aktivitas bersama misalnya reuni, arisan atau traveling bersama.

3. Fokus pada tujuan hidup

Hal ini berhubungan dengan memahami identitas diri. Perlu waktu dan proses yang panjang untuk memahami tujuan hidup ini. Tidak semua PNS ketika pensiun mempunyai tujuan untuk bersantai saja namun ada yang bertujuan untuk memberi manfaat bagi lingkungan sekitarnya dengan mengisi waktu luangnya dengan aktivitas yang berdampak positif seperti memulai usaha baru, mengajar atau secara aktif terlibat dalam kegiatan di lingkungan sekitarnya.

4. Selalu berpikir positif

Pensiun bukanlah akhir dari segalanya namun adalah awal dari segalanya. Banyak sisi positif yang dapat diambil ketika memasuki masa pensiun yaitu waktu santai yang lebih banyak sehingga bisa lebih fokus untuk beribadah, merasakan kebahagiaan bersama keluarga dan melakukan beberapa rencana yang selama bekerja belum bisa diwujudkan.

5. Stabilitas Keuangan, keuangan stabil mental stabil

Tidak dapat dipungkiri bahwa kestabilan finansial atau keuangan seseorang dapat mempengaruhi stabilitas mental seseorang. Untuk menjaga stabilitas keuangannya pada saat pensiun, selain dari dana jaminan pensiun dan jaminan hari tua yang diberikan oleh pemerintah, PNS juga bisa menyiapkan kondisi keuangannya dengan cara melakukan perhitungan kebutuhan dana pensiunnya, kemudian menabung atau berinvestasi untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Selagi masih ada waktu untuk berinvestasi, mulai saat ini perlu untuk membiasakan diri menyisihkan gaji secara rutin untuk persiapan dana pensiun.

Selain itu perlu untuk memperdalam ilmu finansial sejak dini agar setalah pensiun PNS tidak tergiur tawaran investasi bodong yang dapat merugikan diri pensiunan itu sendiri. Juga agar setelah pensiun PNS tidak menjadi beban bagi anak cucunya kelak.

Yang tidak boleh dilupakan untuk mempersiapkan pensiun adalah menjaga kesehatan agar tetap prima dengan berolahraga dan melakukan test kesehatan secara rutin. Kehidupan ini hanyalah sementara, oleh karena itu kita harus memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dengan persiapan pensiun lebih dini diharapkan dapat menjalani masa pensiun secara asyik tanpa panik.

About yuli

Berita Kami Yang Lain

MENJELANG PURNA, PNS BEBERAPA PERANGKAT DAERAH  TERIMA  SOSIALISASI KETASPENAN

Kurang lebih sebanyak 90 Pegawai Negeri Sipil dari beberapa perangkat dareah yang akan memasuki batas …

SENYUM BAHAGIA MEWARNAI PENYERAHAN TANDA KEHORMATAN SATYALANCANA KARYA SATYA

Kamis, 17 Agustus 2023 Pemerintah Kabupaten Bondowoso menggelar malam Resepsi Kenegaraan yang juga merupakan Peringatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.