Breaking News
Home / AGENDA KEGIATAN / Paling Ditunggu, Ada Apa dengan Tahapan Klasikal Latsar?

Paling Ditunggu, Ada Apa dengan Tahapan Klasikal Latsar?

Rangkaian kegiatan Latihan Dasar bagi CPNS formasi 2019 kabupaten Bondowoso masih terus bergulir. Menurut informasi dari bagian pengembangan SDM, BKPSDM Kabupaten Bondowoso kegiatan latsar hari ini sudah sampai tiga putaran. Sementara putaran selanjutnya tetap berlangsung secara simultan.

Seperti diketahui bahwa tahapan latsar yang dilaksanakan di kabupaten Bondowoso kali ini dilaksanakan dengan pola kemitraan dengan metode blended learning system. Budi Purwanto, salah satu wakil dari penyelenggara latsar mengungkap bahwa tahapan klasikal adalah sesi yang paling ditunggu oleh peserta. Pasalnya tahapan ini merupakan sesi pamungkas dan dikemas dengan acara full tatap muka di Ex. Kantor Hutbun Bondowoso.

“Selama ini yang biasanya hanya bertemu di depan laptop, di tahapan klasikal antara WI dan siswa bisa berjumpa langsung,” papar Budi.( Jum’at, 08/07).

Selain itu wakil dari BKPSDM yang lain, Slamet Kodratullah menceritakan bahwa kegiatan di tahapan klasikal dimulai pukul 05.30 dan berakhir antara pukul 21.00 sampai 22.00 WIB.

Slamet mengurai bahwa banyak kegiatan menarik yang dilalui oleh siswa latsar di tahapan klasikal. Selain pembelajaran luring, pembinaan sikap, disiplin dan perilaku oleh instruktur dari Kodim 0822 Bondowoso menjadi hal yang menarik sekaligus penting  menurut Slamet.

“Selama enam hari kerja semua serba diatur,  peserta ditempa dengan disiplin tinggi, hadir masih gelap pulang juga dalam keadaan sudah larut malam,” ungkap Slamet. “Jangan ada yang coba-coba melanggar disiplin, yang pasti pihak instruktur akan mengambil tindakan tegas dan terukur sebagai pelajaran,”Imbuhnya.

“Selain itu ada banyak permainan yang sifatnya membangun mental, keberanian, kekompakan, kerjasama dan yang paling penting membangun rasa tanggungjawab sebagai modal bagi  aparatur sipil negara sekaligus  pelayan bagi masyarakat,” pungkas slamet.

Pantauan tim humas BKPSDM, meski tampak kelelahan seluruh siswa latsar tampak antusias dan semangat dalam mengikuti latsar. Tampaknya mereka juga  menyadari bahwa tuntutan dan ekpektasi masyarakat yang kian tinggi harus diimbangi dengan profesionalisme, tanggungjawab dan rasa kecintaan kepada profesi masing-masing. Maka latsar menjadi bagian yang sangat krusial sebagai ajang untuk menempa para CPNS sebelum diputuskan menjadi PNS dengan gaji penuh.

Sebagai akhir kegiatan latsar bagi CPNS adalah seminar 2 yang akan dilaksanakan pada hari terakhir tahapan klasikal dimana masing-masing peserta akan memaparkan rancangan aktualisasi yang sudah dilaksanakan dalam tahapan habituasi dihadapan penguji dan mentor masing-masing. (Tim Humas BKPSDM).

About moh munir

Berita Kami Yang Lain

Hasil Seleksi Administrasi PPPK Tenaga Teknis Bondowoso Tahun 2022

Berikut disampaikan hasil seleksi administrasi PPPK Tenaga Teknis di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso Tahun 2022 …

Pengumuman Hasil Sanggah Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan

Berikut disampaikan Pengumuman Hasil Sanggah Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso …

Leave a Reply

Your email address will not be published.