Home / INFORMASI TERBARU / BERITA / MENGINTIP  KESERUAN LATSAR,  ENAM HARI TAHAPAN KLASIKAL YANG BAKAL PENUH KESAN

MENGINTIP  KESERUAN LATSAR,  ENAM HARI TAHAPAN KLASIKAL YANG BAKAL PENUH KESAN

Setelah melalui tahapan distance learning selama 22 hari kerja dan tahapan habituasi selama 30 hari kegiatan Latihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  putaran II kini memasuki sesi klasikal. Tahapan klasikal berlangsung selama enam hari kerja,  dimulai sejak Senin 30 Mei dan akan berakhir Senin 6 juni mendatang.

Berbeda  dengan sesi klasikal putaran pertama yang bertepatan dengan bulan suci ramadhan, kali ini tahapan klasikal dirasakan lebih penuh makna. Pasalnya seluruh prosedur dan tahapan kembali dilaksanakan dengan cara normal. Salah satu penyelenggara latsar dari BKPSDM , Budi Purwanto menyatakan bahwa tahapan klasikal untuk putaran II lebih banyak dinamika. “Untuk putaran dua memang lebih ketat mas, selama enam hari kerja peserta wajib datang tepat waktu, jam 05.30 sudah mulai binsik,” ujar Budi menjawab pertanyaan tim humas BKPSDM.

Peserta Latsar Bersama Widya Iswara Usai Pembelajaran

Pantauan tim pada hari Senin, peserta latsar datang pagi dalam suasana masih agak gelap dan  pulang sekitar pukul 10 malam. Pendamping lain dari BKPSDM, Slamet Kodrat memaparkan bahwa selama lima hari pembinaan fisik dikomando langsung oleh dua personil Kodim 0822 Bondowoso. “ Sebelum masuk kelas apel pagi, mau makan apel dan saat selesai pembelajaran masih ada apel malam,” papar Slamet.

Sementara itu, Windu salah satu penyelenggara menjelaskan bahwa prosedur latsar yang diterapkan di kabupaten Bondowoso mengacu pada ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. Dijelaskan pula bahwa pembelajaran yang selama ini diterima peserta latsar dilakukan untuk membentuk karakter, sikap dan perilaku peserta agar menjadi PNS yang profesional dan disiplin. “Kami tidak punya orientasi untuk membebani apalagi membuat peserta stres, ini adalah salah satu cara agar setiap peserta dapat lebih menghargai waktu dan nantinya akan bermanfaat ketika mereka kembali ke lingkungan kerja masing-masing,” ungkap Windu.

Apel Sebelum Makan

Sementara itu, meski tampak kelelahan salah satu peserta menyatakan  kesiapannya untuk mengikuti latsar dengan segala konsekwensinya. “ Saya bersama teman-teman yang lain tetap bersemangat, berusaha mengikuti latsar sampai selesai,” pungkasnya.

Seluruh proses pembelajaran latsar kali ini dilakukan dengan perpaduan antara virtual dan pertemuan tatap muka secara langsung. Jadwal ketat dari pagi hingga malam beserta seluruh dinamikanya akan membawa kesan yang cukup mendalam bagi seluruh peserta.

Suasana Makan Pagi
Apel Malam

Tim humas BKPSDM yang memantau hampir seluruh tahapan ikut merasakan ketatnya kegiatan latsar kali ini. Beberapa peserta bahkan ada yang diberikan sanksi fisik terukur oleh instruktur karena melakukan kesalahan.

Kita berikan pembinaan fisik, penerapan disiplin dan pengetahuan dasar baris berbaris sesuai dengan ketentuan, dan kita ajarkan agar teman-teman CPNS bisa lebih menghargai waktu dengan mengajarkan perilaku hidup penuh dengan disiplin, bagi yang melanggar , tentu ada sanksi,” Ujar Makhrifudin  salah satu instruktur dari Kodim 0822. (Team BKPSDM)

About yuli

Berita Kami Yang Lain

SELAMAT IDUL FITRI 1443 H, MOHON MAAF LAHIR & BATHIN

Leave a Reply

Your email address will not be published.