Home / INFORMASI TERBARU / BERITA / FITUR APLIKASI KERIS BONDOWOSO DAN ALUR PENGAJUAN USULAN PENSIUN

FITUR APLIKASI KERIS BONDOWOSO DAN ALUR PENGAJUAN USULAN PENSIUN

Berdasarkan Surat Kepala BKN Nomor: K.26-30/V.119-2/99 tentang Batas Usia Bagi PNS yang dirilis pada 3 Oktober 2017 menyatakan bahwa batas usia pensiun PNS minimal 58 tahun dan maksimal 65 tahun. Secara umum batas usia pensiun PNS dibagi menjadi tiga tingkatan usia. Di antaranya, yakni 58 tahun, 60 tahun, dan 65 tahun. Berikut pembagian lengkapnya: 

  1. Usia 58 tahun bagi pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama, dan pejabat fungsional keterampilan.
  2. Usia 60 tahun bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya.
  3. Usia 65 tahun bagi PNS yang memangku pejabat fungsional ahli utama.
  4. PNS yang berusia di atas 60 tahun dan menduduki JF ahli madya sebelum aturan ini diberlakukan, maka batas usia pensiunnya adalah 65 tahun.
  5. PNS yang berusia di atas 58 tahun dan sedang menduduki JF ahli pertama, JF ahli muda, dan JF penyelia sebelum aturan ini diberlakukan, maka batas usia pensiunnya adalah 60 tahun.

                Selain BUP, terdapat jenis pensiun lainnya yaitu :

  1. Atas Permintaan Sendiri
  2. Perampingan Organisasi atau  Kebijakan Pemerintah
  3. Tidak cakap jasmani dan/ rohani
  4. Meninggal Dunia, Tewas,  atau hilang
  5. Melakukan Tindak Pidana / penyelewengan
  6. Pelanggaran Disiplin
  7. Mencalonkan diri/Dicalonkan Menjadi Presiden dan Wapres, Ka, Waka, Anggota DPR, Ka, Waka, dan Anggota DPD, Gubernur dan Wagub Bupati/Wakil Walikota
  8. Menjadi Anggota dan/atau Pengurus Parpol
  9. Tidak menjabat lagi Sebagai Pejabat Negara
  10. Karena Hal-hal lain: (CLTN, Ijazah Palsu, Tugas Belajar)

                Untuk mempermudah pengajuan usulan pensiun, Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian ASN Aparatur BKPSDM Kab. Bondowoso telah merilis aplikasi bernama KERIS Bondowoso pada tahun 2021 lalu. KERIS Bondowoso yang ber-laman di http://keris.bondowosokab.go.id/ bertujuan untuk mempermudah proses pengajuan KARIS, KARSU, KARPEG, TANDA PENGENAL, dan PENSIUN. Dengan adanya tambahan fitur baru CONTOH FILE ini bertujuan untuk mempermudah seluruh ASN di Kab. Bondowoso dalam melakukan upload dokumen dan pengajuan yang diinginkan terutama dalam pengajuan usulan pensiun sehingga PNS akan mendapatkan SK Pensiun tepat waktu jika mengikuti syarat dan alur yang telampir berikut ini.

Download ilustrasi tersebut pada link ini >>> Fitur dan Alur Pengajuan Pensiun

About yuli

Berita Kami Yang Lain

Latsar Putaran 5 : Jelas Capek……Tapi Sungguh  Penuh Kesan!!!

Setelah menempuh perjalanan panjang nan melelahkan, akhirnya peserta latsar putaran 5 angkatan 60 mengakhiri kegiatan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.