Home / AGENDA KEGIATAN / DISEBUT CAIRAN AJAIB, INILAH RAGAM MANFAAT ECO ENZYME

DISEBUT CAIRAN AJAIB, INILAH RAGAM MANFAAT ECO ENZYME

Istilah Eco Enzyme barang kali masih asing untuk sebagian besar orang. Apa sih manfaatnya???

Eco-Enzyme merupakan larutan/cairan multifungsi yang dihasilkan melalui proses fermentasi dari campuran sisa sampah organik (buah-buahan dan sayuran), gula merah tebu dan air. Warnanya kecoklatan (Muda/Tua) dan berbau asam manis seperti bau khas fermentasi tape atau rice wine.

Adalah dr.Rosukon Poompanvong, seorang peneliti dari negara Thailand yang pertama kali menemukannya setelah researc panjangnya selama kurang lebih 30 tahun. Sejak tahun 1984 beliau mendirikan Asosiasi Pertanian Organik Thailand dan terbukti mampu member solusi praktis terhadap permasalahan lingkungan dengan formula Eco-Enzyme yakni 1 : 3 : 10 (Gula merah tebu 1 kg : Sampah organik 3 kg : air bersih 10 liter) yang di fermentasikan selama 3 bulan.

Atas andilnya di bidang pertanian, dr.Rosukon Poompanvong pada tahun 2003 menerima penghargaan dari kantor regional/daerah FAO (Food and Agriculture Organization), salah satu bagian dari PBB.

Informasi ini terungkap dalam sebuah acara rutin Dharma Wanita Persatuan(DWP)  BKPSDM Kabupaten Bondowoso (15/06).

Seperti biasa setiap bulan seluruh pengurus dan anggota DWP- BKPSDM menggelar pertemuan rutin di aula Antapura Nayaka Wibawa. Pada setiap pertemuan ada saja tambahan informasi yang sangat bermanfaat bagi para isteri ASN di BKPSDM.

Wakil ketua DWP – BKPSDM, Ny. Herlan menyampaikan bahwa sebagai saah satu penyangga kepentingan keluarga ASN para ibu anggota DWP disamping berusaha untuk menjadi perempuan yang mandiri juga  harus berusaha memberikan dukungan penuh terhadap tugas –tugas suami. Disamping itu juga Ny. Herlan mengingatkan kepada para ibu untuk senantiasa meningkatkan keimanan dengan tidak melewatkan waktu luang dengan ibadah. “Jangan lupa ibu ibu, raihlah banyak keutamaan dengan ibadah, terutama bagi yang mampu dianjurkan untuk berqurban,” ungkap Ny. Herlan mengingatkan momentum Idul Adha 9 Juli mendatang.

Pada pertemuan kali ini, DWP menyuguhkan informasi informasi seputar Eco Enzime, ragam manfaat dan cara membuatnya. Hadir sebagai nara sumber antara lain Dewi Muti’ah, Ny. Sumarsono dan Aji Indriyani, S.Kep,Ns yang ketinganya adalah aktifis lingkungan dan kenyang pengalaman bergelut dengan Eco Enzyme.

Apa saja manfaat Eco Enzyme, menurut penuturan Dewi Muti’ah , Eco Enzyme merupakan cairan ajaib yang mempunyai manfaat menakjubkan. Beberapa manfaatnya antara lain  untuk kesehatan (menyembuhkan banyak jenis penyakit), pupuk organik, air purifier/ penghasil ozon  bahkan untuk pembersih kerak di toilet.

Praktek pembuatan Eco Enzyme dipandu oleh Ibu Sumarsono dan Aji Indriyani, S.Kep.Ns dengan menjukkan contoh sediaan Eco Enzym setengah jadi dan aneka derivat sediaan/produk turunan lainnya.

Selain itu seluruh anggota DWP juga mendapatkan informasi dan praktek pemurnian minyak jelantah/ minyak bekas agar dapat dimanfaatkan lagi sebagai minyak goreng konsumsi yang sehat dan bebas kandungan  karsinogenik (Team -BKPSDM)

About yuli

Berita Kami Yang Lain

SELAMAT IDUL FITRI 1443 H, MOHON MAAF LAHIR & BATHIN

Leave a Reply

Your email address will not be published.